MYOB (Mind Your Own Business) Accounting Merupakan Paket program komputer untuk bidang akuntansi yang dibuat secara terpadu. Program ini dibuat oleh Data-Tech Sofware Pty. Ltd. Australia. Data-Tech merekomendasikan MYOB Accounting arsitek, konsultan, galeri seni, salon kecantikan kontraktor dan sebagainya. MYOB sudah menyediakan Chart Of Account (daftar rekening) siap pakai menggunakan bahasa inggris untuk 105 jenis perusahaan yang dapat dibaca dalam lampiran.
MYOB Accounting mempunyai berbagai keunggulan dibandingkan dengan sofware sejenis, terutama dalam penggunaan yang relatif mudah dan dapat dikuasai dalam waktu singkat, pada prinsipnya adalah mengisikan data dan mengetahui tombol perintah. Prasyarat untuk dapat memakai program secara maksimal adalah penguasaan pengetahuan dasar akuntansi meliputi konsep, prinsip, prosedur teknik pencatatan akuntansi untuk pos-pos dalam laporan keuangan.
Beberapa Pos dalam Komponen Command Center, antar lain :
- Account, adalah komponen utama dari sistem akuntansi perusahaan, yang merupakan ringkasan dari seluruh aktivitas perusahaan tersebut, berfungsi untuk memodifikasi bagan akun, memasukkan saldo awal akun-akun, dan proses penjumlahan transaksi umum, seperti biaya-biaya dan pembelian/penjualan barang yang dikapitalisasikan.
- Banking, untuk mencatat transaksi-transaksi pengeluaran dan penerimaan kas, seperti tagihan-tagihan dan beban-beban sewa, listrik dan telepon, pemakaian dan pengeluaran kartu kredit, pinjaman dari bank, rekonsiliasi rekening koran bank dengan akun-akun bank, mencetak cek-cek yang anda bayarkan, dan melakukan pembayaran elektronik.
- Sales, untuk mencatat transaksi-transaksi penjualan (tunai/kredit), penerimaan pembayaran piutang dari pelanggan, mencatat retur penjualan sekaligus penyerahan uang kas kepada pelanggan.
- Time Billing, dipakai untuk menghitung penjualan.pembelian yang menggunakan perhitungan persatuan waktu. Misalnya biaya konsultasi manajemen per jam.
- Purchases, untuk mencatat transaksi-transaksi pembelian (tunai/kredit), pembayaran hutang kepada pemasok, mencatat retur pembelian sekaligus penerimaan uang kas dari pemasok.
- Payroll, dipakai untuk penggajian karyawan menggunakan sistem payroll, bisa dipakai untuk berbagai macam cara penggajian, seperti jam, harian, mingguan atau bulanan.
- Inventory, mencatat aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan pemeliharaan persediaan barangdagangan, seperti mencatat, mengubah, menghapus, menetapkan dan menyesuaikan harga, memasukkan hasil perhitungan fisik persediaan barang dagangan, dan penerbitan laporan yang terkait.
- Card File, untuk membuat, mencari, menampilkan, mengubah, menghapus, dan mengelompokkan catatan individu, perusahaan, dan lembaga tersebut. Dapat mencatat seluruh informasi mengenai pelanggan dan Pemasok, mencatat historis penjualan, menetapkan pajak dan termin pembayaran dari pelanggan dan pemasok, membuat catatan kontak, membuat label surat,dan membuat surat-surat untuk mereka.
ACCOUNT LIST
Accounts List atau daftar rekening sebaiknya disusun
terlebih dahulu apabila menggunakan program akuntansi. Accounts List secara
standart ditampilkan dalam bahasa Inggris. Pada Accounts List dapat dilakukan
modifikasi transaksi seperti nomor rekening, nama rekening serta pengisian
saldo rekening. Accounts List pada MYOB Accounting terdiri dari 8 kelompok
rekening yaitu :
- Asset diawali dengan nomor rekening 1
- Liability diawali dengan nomor rekening 2
- Equity diawali dengan nomor rekening 3
- Income diawali dengan nomor rekening 4
- Cost of Sales diawali dengan nomor rekening 5
- Expense diawali dengan nomor rekening 6
- Other Income diawali dengan nomor rekening 8
- Other Expense diawali dengan nomor rekening 9
Account di dalam MYOB dapat disusun secara hirarki,
yaitu Level 1 harus selalu Header, untuk Level 2 dan 3 bisa berubah-ubah dari
Header menjadi Detail dan sebaliknya, dan untuk Level 4 harus selalu detail. Karena untuk Level 4 biasanya dapat lebih dari 10.
MYOB
Accounting mengelompokkan perkiraan dalam dua tipe, yaitu : Header dan Detail.
HeaderAccount (Perkiraan Induk) yaitu perkiraan yang digunakan untuk
mengelompokkan perkiraan dengan tujuan serupa. Perkiraan ini memiliki sub
perkiraan di bawahnya dan tidak mempunyai saldo, angka yang tercantum dalam
kolom Balance merupakan total saldo dari sub rekening bersangkutan.
Tipe Detail
dibagi lagi atas dua bagian yaitu Detail Accounts dan Detail Cheque (Asset)
atau Detail Credit Card (Liability).
Detail Accounts (Perkiraan Detail) tidak
mempunyai sub perkiraan dan ditempatkan di bawah sebuah perkiraan bertipe
Header. Perkiraan ini mempunyai saldo atau nilai transaksi. Detail Cheque adalah
perkiraan yang digunakan untuk mencatat keluar masuknya uang. Perkiraan ini
digunakan pada waktu mengisikan nilai cek atau menyimpan setoran serta
untuk mencatat penerimaan maupun pengeluaran transaksi piutang dan hutang dagang/usaha.
Perkiraan yang termasuk kategori adalah Kas, Bank dan Giro.Sekian dulu ya penjelasan tentang MYOBnya... Smoga Bermanfaat... ^_^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar